Selasa, 16 April 2013

Fakta Tentang OrangUtan

Orang Utan termasuk hewan yang dilindungi undang - undang di Indonesia. Sayangnya banyak dari Orang Utan yang mulai tergusur akibat keserakahan manusia. Mereka memiliki rumah di alam dan harus pergi karena rumah alamnya di pakai manusia dengan berbagai alasan. Dan berikut ini fakta tentang Orang Utan Sumatera.



1. Orang Utan Sumatera merupakan satu spesies tersendiri yang dikenal sebagai Pongo abelii, sedangkan Orang Utan Kalimantan terbagi menjadi 3 sub - spesies yaitu Pongo pygmaeus - pygmaeus, Pongo pygmaeus wurmbi, dan Pongo pygmaeus morio.

2. Orang Utan Sumatera merupakan salah satu spesies yang masuk dalam kategori terancam punah ( critically endangered ).

3. Dibandingkan saudara dekatnya Orang Utan Sumatera lebih sering menghabiskan waktunya untuk bergerak diantara pohon - pohon daripada bergerak pindah menyusuri tanah.

4. Orang Utan Sumatera saat ini hanya dapat dijumpai secara alami di bagian utara Pulau Sumatera, meskipun saat ini sedang dilakukan upaya reintroduksi Orang Utan Sumatera di Jambi. Sedangkan Orang Utan Kalimantan tersebar di seluruh pulau Kalimantan.

5. Analisis DNA menyimpulkan bahwa Orang Utan memiliki 97% kesamaan genetik dengan manusia, sehingga mudah terjadi penularan penyakit dari Orang Utan ke manusia ataupun sebaliknya ( zoonosis ).

6.Orang Utan Sumatera menggunakan 54 jenis alat untuk memperoleh serangga atau madu dan 20 alat untuk membuka dan menyiapkan buah. Diperkirakan 65% Orang Utan Sumatera menggunakan alat untuk makan.

7. Orang Utan Sumatera lebih sosial dibandingkan Orang Utan Kalimantan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar