Selasa, 16 April 2013

Friends Of OrangUtan

Sahabat Orangutan


Orangutan adalah satu-satunya kera besar yang ada di Asia dan hanya dapat ditemukan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Kera besar lainnya yaitu gorilla, simpanse dan bonobo hidup di Afrika. Orangutan sendiri dibagi menjadi 2 spesies yaitu Pongo Pygmaeus yang hidup di Kalimantan dan Pongo Abelii yang ada di Sumatra.

Populasi orangutan kian hari kian berkurang, bahkan dalam 20 tahun terakhir populasi orangutan Kalimantan telah berkurang hingga 55%. Orangutan Sumatera masuk dalam kategori sangat terancam punah karena populasinya tinggal 7.500 individu di alam.  Sementara orangutan Kalimantan masuk dalam kategori terancam punah dan tersisa 57.000 individu. Beberapa penyebab berkurangnya populasi orangutan diantaranya adalah praktik perburuan dan pembalakan liar, alihnya fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit, perubahan iklim, serta kebakaran hutan.


Mengapa orangutan?

Orangutan berfungsi sebagai distributor utama biji-bijian di seluruh kawasan hutan. Ia berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan ekosistem. Orangutan juga berperan besar dalam pemeliharaan habitat mereka yakni hutan itu sendiri. Jika orang-utan punah, maka hutan suatu hari nanti pun akan hilang. Dengan kata lain, jika kelestarian orangutan terjaga, maka hutan pun akan lestari, dan manusia yang hidup bergantung pada sumber daya hutan pun akan sejahtera.


Apa yang dilakukan WWF?
  • Riset dan monitoring orangutan
  • Penyadartahuan kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan orangutan sebagai pemelihara hutan
  • Bekerja sama dengan pemerintah lokal, masyarakat, , dan pihak swasta untuk membuat koridor sebagai penghubung habitat orangutan
  • Mengembangkan ekowisata orangutan berbasis penelitian bersama masyarakat lokal
  • Mendukung penegakan hukum untuk menyelamatkan orangutan beserta habitatnya
  • Membangun stasiun riset orangutan di Embaloh, Taman Nasional Betung Kerihun

Sahabat Orangutan


WWF Indonesia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya konservasi orangutan.  Oleh karena itu WWF Indonesia meluncurkan program “Sahabat Orangutan” sebagai wadah bagi masyarakat secara luas yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian orangutan dan ingin berkontribusi secara langsung dalam upaya penyelamatan satwa kharismatik ini. 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar